Block Producer Vexanium

By | 29 August 2019
Block Producer Vexanium

Hai Sobat asetcrypto.id, kali ini kami akan mengulas tentang Block Producer (BP) Vexanium, yang dalam kuartal 3-4 ini akan membuka pendaftaran BP.

Apa itu BP Vexanium? Apa peran BP dalam ekosistem Vexanium? Dan apa keuntungan menjadi BP Vexanium? Kami  akan mencoba untuk membahas semuanya bagi Sobat.

Jangan ngelamun mikirin aset crypto yang merah merona pagi ini (29 Agustus 2019) Sob, mending kita simak yuk penjelasan tentang BP Vexanium. πŸ™‚

Apa itu BP Vexanium?

β€œBlock Producer (BP) adalah sebuah Decentralized Entitas (organisasi) biasanya terdiri dari Konsorsium (Konsor ) , Perusahaan atau Organisasi-organisasi yang terpilih melalui sistem e-voting blockchain pada Konsensus DPoS (Delegated Proof of Staking) yang mengatur blockchain Vexanium.

Tugas utama Block Producers ini akan menghasilkan blok-blok baru di Protocol blockchain Vexanium serta memverifikasi berbagai transaksi yang terjadi pada Protocol blockchain Vexanium.”

Simpelnya Sob, BP Vexanium ini seperti miner di jaringan blockchain Vexanium, dan juga berperan dalam menentukan banyak hal di jaringan Vex, seperti pejabat tinggi dalam suatu pemerintahan gitu, Sob.

Apa peran BP dalam Ekosistem Vexanium?

β€œSyarat untuk mendaftar menjadi kandidat Block Producers (21 BP active) adalah memiliki VEX sejumlah 10.000.000-12.000.000 VEX, jika pada saat pendaftaran memiliki lebih dari batas minimal syarat mendaftar menjadi BP, maka kelebihan vex yang dimiliki bisa menjadi bonus dalam Proses e-voting BP. Semua proses e-voting menggunakan koin VEX yang akan di staking.”

β€œDelegate Proof of Stakes (DPoS) adalah mekanisme konsesus yang mengatur blockchain Vexanium, dimana hanya Angota Dewan (Delagate/ Delegasi ) yang terpilih melalui E-Voting, yang dapat memverifikasi transaksi.

Block Producers ini, memiliki fungsi dasar seperti Miner pada sistem Blockchain Bitcoin (POW/ Proof of Work ), namun di Block Producers memiliki beberapa fungsi tambahan, dan beberapa fungsi baru, seperti Anggota Dewan / DPR (dewan perwakilan rakyat) sebuat negara, yang dapat mengatur dan mengarahkan jalannya aturan dan arah dari blockchain Vexanium.”

Apakah Sobat asetcrypto.id tahu kenapa ada kalimat yang di-bold? Inilah peran penting BP dalam menciptakan demand/kebutuhan VEX dalam jumlah yang massive, terutama dari syarat kepemilikan koin VEX, agar menjadi BP dan prose e-voting yang menggunakan koin VEX.

Pertanyaan selanjutnya, apakah ada yang minat menjadi BP Vexanium?

Mari Sobat lihat kalimat yang di-bold selanjutnya, betapa menggiurkan potensi keuntungan yang didapatkan BP Vexanium.

Selain mendapatkan passive income sebagai miner, bisa juga mendapatkan passive income dari ekosistem lain yang berada di bawah naungan Vexanium.

Kok bisa?

Jangan nge-gas Sob, kan BP yang bikin undang-undang di Vexanium.

Apa keuntungan menjadi BP Vexanium?

Ya, seperti yang sudah sempat disinggung di atas, dengan menjadi BP Vexanium, maka BP akan mendapatkan passive income sebagai miner, dan juga berpotensi mendapatkan passive income dari seluruh ekosistem blockchain Vexanium. List-nya seperti ini, Sob.

  1. Passive Income sebagai Miner
  2. Passive Income dari semua Ekosistem Blockchain Vexanium:
    • Pembuatan Token Baru
    • Trading RAM
    • DApps
    • Dan Ekosistem lain yang akan datang

Baiklah kita bahas satu-satu ya Sob.

I. Passive Income Sebagai Miner

β€œBPs (blockproducers) akan mendapatkan hadiah blok dalam bentuk coin VEX yang dihasilkan oleh token melalui inflasi 5% pertahun (2% BP + 3 % Lockup Worker Proposal).”

Dari kalimat di atas, seharusnya sudah jelas, 5% per tahun atau setara dengan 50jt koin VEX pertahun, atau sekitar 6500 koin VEX per hari akan dibagikan kepada 21 BP, dan 3% lock up worker proposal dibagikan ke 21 BP aktif atas persetujuan BP.

Namun, tidak menutup kemungkinan 3% lock up worker proposal ini akan di-burn, semua tergantung keputusan BP.

II. Passive income dari seluruh Ekosistem Blockchain Vexanium

Sob, jujur ini yang sebenarnya menarik.

BP itu bisa menentukan arah dan kebijakan Vexanium, jadi ada potensi passive income lain di ekosistem blockchain Vexanium yang lebih menjanjikan.

II.a. Biaya Pembuatan Token

Saat ini, biaya pembuatan token di bawah Vexanium adalah sebesar 5000 VEX, bisa saja ini menjadi sumber passive income BP, apabila semua BP setuju.

II.b. Resource, terutama RAM

Fee trading RAM jual/beli 0.5%.

Dalam 2 minggu terakhir, tercatat total fee dari trading RAM mencapai 200.000 koin VEX dan saat ini direncanakan akan di-burn.

Apabila BP menyetujui, fee trading RAM ini bisa menjadi salah satu sumber penghasilan BP yang sangat potensial juga.

II.c. DApps

Dari rumor yang diperoleh, sejumlah tertentu dari pengahasilan DApps (Decentralized Applications = Aplikasi Terdesentralisasi = aplikasi dengan teknologi blockchain) akan masuk sebagai salah satu penghasilan BP Vexanium.

Apabila user Dapps banyak, penghasilan Dapps naik, maka otomatis penghasilan BP juga naik. Kita berharap, target 100 DApps pertama semoga segera tercapai.

II.d. Dan Ekosistem lain yang belum muncul

Memang ada masih ekosistem yang lain?

Ya, ada Sob.

Contohnya, apabila RAM bisa disewakan, seharusnya penyewa, atau yang menyewakan dikenakan fee dan bisa masuk sebagai salah satu sumber penghasilan BP juga.

Mari kita teliti sebentar foto berikut ini, Sob. πŸ™‚

Danny Baskara CEO Vexanium FinHacks 31 Agustus 2019 Surabaya, Vexanium charge from resourse usage like renting

Itu adalah foto saat pak Danny Baskara (CEO Vexanium) di event Finhacks 2019 Surabaya. Foto ini merupakan dokumentasi dari konsor kami di Vexamania.

Sobat bisa melihat di foto itu ada tulisan: Vexanium charge from resourse usage like renting.

Jadi, kedepannya dalam Ekosistem Blockchain Vexanium akan ada sistem penyewaan penggunaan sumber daya, dan kita ketahui salah satu “sumber daya” yang dimaksud adalah RAM. πŸ™‚

Demikian dulu Sob. Semoga bermanfaat bagi Sobat. πŸ™‚

Oh, iya, mengenai BP Vexanium ini kita dapat melihat informasinya di Official blog Vexanium, dan kita di komunitas Vexamania juga berjuang untuk ikut menjadi salah satu BP Vexanium. πŸ™‚

13 thoughts on “Block Producer Vexanium

  1. Pingback: 3 Jenis Konsensus Blockchain Yang Populer Saat ini | Aset Crypto

  2. rey

    njiplak EOS… mendingan ikutan EOS yang orisinal dan market dah besar…. sama sekali ga tertarik! likuiditas juga menyedihkan…

    Reply
    1. AsetCryptoId Post author

      Thx bos untuk opininya.

      Karena EOS dan Vexanium sama-sama pakai DPoS, ya pastilah banyak samanya.

      Ok bos, ga ada yang memaksa siapapun untuk tertarik, anggaplah ini sebagai informasi dan edukasi bagi yang belum mengetahui tentang Block Producer.

      Reply
    2. Tukang coment

      bukan masalah njiplak mendjiplak, apa ada mobil roda 5? Motor roda 1, kl mobil merek A ciptain roda 4, kemudian mobil merek B harus roda 5 begitu biar dibilang ga jiplak?
      bft tendermint aja sebenarnya jg jiplakan bahkan di pakai oleh exchange terbesar didunia untuk membangun ekosistem exchangenya. Masalah kemampuan saja sih klmenurut saya, dapps vex jg sudah ada artinya mereka bisa membuktikannya, bukan asal2n bikin jiplak, terus masalah liquidty hampir semua juga sama.. coba kamu beli 1jt btc skrg dan jual kembali diexchange.

      Reply
  3. Pingback: Tutorial Trading RAM Vexanium di Vex Wallet | Aset Crypto

  4. Pingback: Vexamania Dalam Pandangan Member | Aset Crypto

  5. Pingback: Apakah Aman Ikut Konsorsium Crypto? | Aset Crypto

  6. Pingback: Cara WD Vexanium Coin dari Indodax ke Vex Wallet | Aset Crypto

  7. Pingback: Reward Vex Coin Block Producer Vexanium AsetCryptoBP | Aset Crypto

  8. Pingback: Reward Vexanium AsetCryptoBP November 2019 dan Harga VEX | Aset Crypto

  9. Pingback: 2 Cara Staking Coin Vexanium Untuk Mendapatkan VEX | Aset Crypto

  10. Pingback: Vexamania Promo: Gratis 1000 VEX Untuk Member Baru | Aset Crypto

  11. Pingback: Reward AsetCryptoBP dan Harga Vexanium Desember 2019 | Aset Crypto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *