KOPI Blockchain

By | 9 January 2020

Kopi Blockchain, Komoditas Kopi Berbasis Teknologi Blockchain

Halo sobat. Sudah ngopi?

Kenapa web ini tiba-tiba membahas kopi? Karena sekarang zaman sudah canggih, kopi bukan hanya untuk memberikan energi dan menghilangkan kantuk, yang bentuknya dalam komoditas fisik, namun juga merupakan aset crypto yang merupakan komoditas digital. Mari kita lihat informasi berikut ini. ๐Ÿ™‚

KOPI

Kopi merupakan sebutan untuk minuman berkafein yang menjadi kesukaan banyak orang, termasuk saya yang menulis artikel ini. Sobat suka minum kopi juga?

Kopi sebelum dapat kita nikmati dalam bentuk minuman adalah buah dari tanaman, yang juga bernama kopi.

Buah kopi ini dipetik dari pohonnya dan setelah mengalami berbagai proses hingga menjadi biji dan kemudian jadi bubuk, baru dapat kita nikmati dengan menyeduhkan air panas, bisa dengan menambahkan gula secukupnya, susu kental, atau krim.

Jadi, kopi adalah sebutan untuk tanaman dan juga untuk buah / biji tanaman, serta untuk minuman hasil seduhan.

Kopi juga merupakan komoditas yang dibudidayakan oleh banyak orang di banyak negara, termasuk Indonesia. Dan saat ini, ada 2 kelompok jenis tanaman kopi yang oleh umum dikenal sebagai Kopi Robusta dan Kopi Arabika.

Zaman semakin berkembang, kemasan dan merek kopi semakin banyak jenisnya, tetapi satu hal yang pasti adalah rasa kopi itu harus ada pahit-pahitnya dan ada sedikit rasa asam. Kalau hanya manis, maka itu adalah air gula. ๐Ÿ™‚

Mengikuti perkembangan zaman, seharusnya tidak hanya kemasan kopi yang semakin menarik dengan banyak pilihan, namun petani kopi juga mestinya bertambah sejahtera. Siapa yang mau memperhatikan nasib petani kopi?

INTERNET

Sekarang zaman internet, dari bangun tidur sampai saat mau tidur lagi, kebanyakan di antara kita selalu berhubungan dengan orang lain berkat adanya internet. Dapatkah internet membuat petani kopi lebih sejahtera?

Ya, karena akses internet semakin mudah berkat operator selular, maka kita menjadi semakin melek teknologi. Dan sekarang teknologi yang lagi menarik perhatian banyak orang adalah blockchain.

BLOCKCHAIN

Ya, blockchain itu identik dengan Bitcoin, namun kita di sini tidak akan membahas Bitcoin, karena di blockchain memang bukan hanya Bitcoin, walaupun tidak dapat disangkal, bahwa yang membuat blockchain menjadi begitu terkenal adalah karena Bitcoin. ๐Ÿ™‚

Blockchain ini ada karena adanya koneksi internet. Dan yang membuatnya demikian menarik adalah karena tidak memiliki otoritas pusat.

Mungkin, untuk menikmati teknologi blockchain ini, kita tidak perlu mengetahui seluk beluknya. Karena bukankah kita juga tetap dapat menikmati internet (contoh: Chatting dengan aplikasi WhatsApp), tanpa kita perlu memahami cara kerja internet?

Juga, kita tidak harus memahami bagaimana proses dari tanaman kopi menjadi bubuk untuk menikmati minuman kopi, bukan? ๐Ÿ™‚

Namun, satu hal yang pasti, yang dimiliki oleh teknologi blockchain ini adalah sifatnya yang terbuka sehingga dapat dilihat oleh semua orang (transparan).

Penulis artikel ini adalah orang yang sering menggunakan teknologi blockchain. Selama beberapa tahun ini, penulis memang sering melakukan transaksi beli dan jual, serta mengirim dan menerima aset crypto. Dan semua transaksi ini tercatat dalam buku digital di blockchain.

Selain sering melakukan transaksi jual/beli, atau kirim/terima aset crypto, penulis juga mengembangkan aset crypto yang dimilikinya dengan cara staking asetnya di jaringan blockchain Vexanium.

Karena itu, blockchain tidak hanya dipakai untuk trading aset, tetapi dengan blockchain kita juga dapat mengembangkan aset, ya seperti kita menabung di bank untuk mendapatkan bunga tabungan gitu.

Yang menarik adalah semua transaksi yang sudah tercatat di blockchain, akan menjadi suatu catatan digital yang tidak dapat berubah, dan setiap orang bisa melihat catatan tersebut, asal memiliki akses internet.

KOPI BLOCKCHAIN

Karena internet sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kita berkat jaringannya yang sudah semakin luas, dan blockchain juga menawarkan teknologi yang dapat diterapkan pada berbagai bidang, maka terbukalah peluang untuk membuat KOPI Blockchain.

Jadi, KOPI Blockchain adalah kopi digital. Karena digital, maka Kopi ini bukan untuk diminum, namun bisa diperjualbelikan dalam bentuk aset crypto berupa token.

Token KOPI ini menggunakan teknologi blockchain pada platform WAVES, dan Waves adalah coin / aset crypto (mata uang kripto / cryptocurrency) yang saat ini menduduki posisi 51 dari 5000-an aset di situs CoinMarketCap.

Adapun nilai dari setiap token KOPI ini adalah setara dengan 1 kg fine Kopi Robusta Bengkulu. Jadi, ya KOPI Blockchain ini merupakan suatu teknologi yang berfungsi untuk memudahkan perdagangan fine Kopi Robusta.

KOPI Blockchain ini dikelola oleh PT Cyber Persada Nusantara, dan sudah tersedia aplikasi untuk Android yang dapat kita download di Play Store dengan ukuran file install sekitar 5 MB. Aplikasinya adalah seperti berikut.

Aplikasi KOPI Blockchain
Aplikasi KOPI Blockchain.

Dari aplikasi tersebut, kita akan mendapatkan informasi mengenai KOPI Blockchain, token KOPI, Roadmap dan Team.

Beberapa menu yang tersedia adalah Wallet, Deposit, Withdrawal, Pay With KOPI, Beli token KOPI, juga ada kode referral yang dapat kita share jika mau mengajak teman pasang aplikasi ini di HP Android mereka.

Untuk mendapatkan token KOPI, maka kita dapat membelinya dengan menggunakan aset crypto yang ada di Waves DEX / Waves Exchange.

Dan token KOPI ini dapat kita tukarkan dengan fine Kopi Robusta di PT Cyber Persada Nusantara. Perbandingannya adalah 1 token = 1 kg kopi.

PT Cyber Persada Nusantara adalah perusahaan yang mengembangkan dan mengelola merek The Bencoolen Coffee. Dengan adanya Bencoolen Coffee ini, maka kita harapkan ada peningkatan kesejahteraan dalam kehidupan para petani. Mengapa?

Karena The Bencoolen Coffee akan membeli kopi dari petani dengan harga pasar yang wajar. Ada sistem yang akan membantu mengelola informasi kualitas dan kuantitas kopi, membantu petani dalam menjual hasil panen yang sesuai dengan kualitas dan harga pasar.

Sistem ini akan berjalan dari provinsi Bengkulu, kemudian seluruh Sumatera, hingga akhirnya ke semua provinsi yang ada di negara kita, Indonesia.

Sistem yang dimaksud adalah Perencanaan Sumber Daya Perusahaan (ERP – Enterprise Resource Planning), yang merupakan sistem informasi dalam mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi dan produksi serta distribusi.

Dengan adanya KOPI Blockchain yang dikembangkan oleh PT Cyber Persada Nusantara ini, kita berharap semua petani kopi akan lebih sejahtera hidupnya. Dan berharap juga ada komoditas lain di negara kita yang menggunakan teknologi blockchain ini.

Update informasi: Bencoolen Coffee juga berjuang bersama dengan komunitas kopi dalam melawan virus Corona di Indonesia dengan memberikan KOPI JUJUR, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen kepada para tenaga medis, tenaga kesehatan, pengemudi ojek online, supir taksi dan masyarakat di kawasan Jakarta.

Kopi Fisik vs Kopi Digital

Dengan adanya kopi digital yang dikembangkan oleh The Bencoolen Coffee ini, maka boleh dibilang seperti membawa kartu ATM tanpa perlu membawa lagi uang kertas yang banyak dalam dompet, ya sob. ๐Ÿ™‚

Coba bayangkan betapa repotnya membawa 100 kg kopi robusta dan betapa mudahnya membawa 100 token KOPI yang berada dalam aplikasi smartphone kita. ๐Ÿ™‚

Jika sebelumnya untuk investasi di komoditas kopi fisik diperlukan banyak modal (dana dan tempat), maka dengan KOPI Blockchain, kita dapat investasi dengan hanya modal smartphone dan aset crypto saja. ๐Ÿ™‚

Demikian dulu sobat. Akhir kata, mari kita dukung karya Anak Bangsa untuk menuju kehidupan yang lebih baik bagi semua.

2 thoughts on “KOPI Blockchain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *